5 Burung Pemakan Biji Yang Mudah Dipelihara Di Rumah

Burung Pemakan Biji Yang Mudah Dipelihara

Burung Pemakan Biji Yang Mudah Dipelihara - Burung pemakan biji-bijian banyak menyebar di dunia. Burung Pemakan biji-bijian ini bisa ditemui secara mudah di sawah-sawah. Burung pemakan biji-bijian memiliki bentuk paruh yang khusus. Biasanya burung pemakan biji bijian mempunyai bentuk paruh yang tebal, lebih pendek, tajam dan lancip.

Ujung paruh kelihatan cukup bengkok dan sisi atasnya lebih panjang bila dibanding dengan sisi bawahnya. Tetapi ada yang mempunyai ukuran sama, tetapi mempunyai paruh seperti kerucut. Wujud paruh semacam itu berperan untuk membantu burung ambil makanan dan merusak biji bijian yang berasal dari pohon-pohonan.

Jenis burung pemakan biji-bijian biasanya menyebar luas di penjuru dunia dan mempunyai wujud badan yang bermacam. Tiap burung mempunyai daya tarik dan karakter yang tidak sama, hingga tak jarang sebagian besar jadi target pemburuan liar.

Rekomendasi Burung Pemakan Bijian Untuk Dipelihara

1. Burung Gelatik Jawa

Burung Gelatik Jawa dapat kita temui di tempat persawahan Padi. Burung ini akan memakan padi biasanya dengan bergerombol. Tetapi kehadiran burung gelatik Jawa ini sekarang mulai menyusut. Hal tersebut karena pemburuan oleh manusia yang terlalu berlebih. Burung ini lebih banyak dicari untuk dijual. Kerusakan lingkungan sudah memengaruhi populasi burung Gelatik Jawa ini.

Wujud burung ini yang relatif kecil dan memiliki bentuk yang imut, membuatnya kerap dipelihara untuk jadi burung hias. Burung gelatik Jawa mempunyai kepala berwarna hitam, pipi putih dan paruh merah yang memiliki ukuran besar. Burung dewasa memiliki bulu-bulu warna abu-abu, perut warna coklat kemerahan, kaki merah muda dan lingkaran merah disekitaran matanya.

2. Burung Merpati

Jenis burung pemakan biji-bijian selanjutnya yakni burung merpati. Tipe burung merpati ini memiliki tubuh yang gempal dan berleher pendek. Burung merpati memiliki paruh berukuran pendek dan ramping. Burung merpati umumnya hidup bebas dengan membuat sangkar di atas pepohonan atau tanah. Burung ini makan makanan seperti jagung, beras merah dan biji-bijian yang lain.

3. Burung Kenari

Burung kenari sebagai burung kicau pemakan biji bijian yang paling populer dan kerap dibudidayakan oleh beberapa peternak burung berkicau. Jenis burung granivora ini lebih banyak dipelihara oleh manusia, karena burung ini berkicau dengan merdu. Burung kenari mempunyai bulu-bulu tebal dan mempunyai wujud serba bulat. Burung ini memiliki warna hijau dengan mata burung kenari jantan sejajar dengan paruh dan mata kenari betina di atas paruhnya.

4. Burung Gereja

Burung ini biasa dijumpai di pinggir-pinggir jalan berkeliaran dengan bebas di jalanan. Melansir dari bangparid.com, burung gereja biasanya dijadikan burung masteran untuk burung seperti murai batu, cucak ijo, kacer, dan cendet.

Burung gereja jantan mempunyai keunikan yakni warna cerah berkepala abu-abu, pipi putih, bulu-bulu pada dada burung jantan warna hitam dan lehernya warna karat. Sementara itu pada burung gereja betina mempunyai warna coklat kekuningan polos disertai sisi bawah warna coklat keabu-abuan yang kusam.

5. Burung Parkit

Burung parkit ialah burung kecil dari keluarga burung nuri (parrot). Mereka benar-benar pintar dan merupakan burung sosial (lebih nyaman berada dalam kawanan besar). Burung parkit liar mempunyai bulu-bulu hijau disertai kombinasi kuning dan hitam. Makanan burung parkit bervariatif antara biji-bijian, buah dan sayur. Beberapa bijian yang bagus dan disukai burung parkit ialah jewawut, millet merah, dan millet putih.

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang rekomendasi burung pemakan biji-bijian yang mudah untuk dipelihara dan memiliki kicauan yang bagus serta memiliki warna bulu yang menarik. Semoga deretan burung pemakan bijian diatas bisa menjadi referensi apabila ingin memelihara burung pemakan biji.

Posting Komentar untuk "5 Burung Pemakan Biji Yang Mudah Dipelihara Di Rumah"